Download App HP

Flagcounter

free counters

* Kebohongan Seputar April's Fool / April's Mop *

Posted by Anonim 01 April 2010
Beberapa jam yang lalu saya baru saja memposting sebuah tulisan (hasil copy paste sih sebenarnya ..he..he) tentang asal usul perayaan April's Fool / April's Mop kemudian datang sebuah komentar dari seorang kawan yang menambah wawasan saya dan membuat saya memutuskan untuk men delete postingan saya tersebut.

Berikut sedikit kutipan dari postingan saya sebelumnya :

APRIL MOP = PERINGATI PEMBUNUHAN MASSAL SPAIN's MOSLEMs



Sejarah April Mop

Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.
.
.
.
Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol.
.
.
.
Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April's Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain.

Sumber : ISLAM TERBUKTI BENAR on Facebook

Kesimpulan dari tulisan tersebut pastinya kita udah tau ya, yaitu 1 April diperingati oleh umat Christian untuk merayakan keberhasilan tentara Salib membasmi Muslim Spanyol, so umat Muslim dianjurkan untuk gak memperingatinya.

Kemudian saya mendapat masukan dari seorang teman (Ady Sunardy) yang menyarankan saya mengunjungi sebuah website untuk mendapatkan perbandingan terhadap tulisan yang saya posting tersebut dengan data-data yang berasal dari website muslim lainnya. Antara lain :


http://tausyiah275.blogsome.com/2007/04/05/hoax-dan-april-mop-yang-terkait-islam/


Website ini merujuk kepada beberapa website lain yang sempat saya baca beberapa diantaranya :


http://islamtomorrow.com/lies/fools.asp


Website ini mementahkan isu tentang pembunuhan Muslim Spanyol oleh tentara salib berdasarkan bukti-bukti historik yang didapatnya antara lain :

1. Kerajaan Muslim Spanyol runtuh pada tahun 1492 M, sementara April's Fool sendiri baru mulai ada 50 tahun kemudian.

Sejarah keruntuhan Muslim Spanyol bisa juga dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus

2. Asal mulanya April Fool
April fool sendiri menurut sejarah mulai dirayakan di Prancis sekitar tahun 1500-an. Acara ini sbenarnya dirayakan untuk memperingati "tahun baru". Pada saat itu kalender masehi belum ada dan orang-orang Prancis masa itu merayakan tahun baru pada tanggal 25 Maret - 1 April. Kalender Masehi sendiri baru resmi ada pada tahun 1564 ketika Raja Charles IX memproklamirkannya. Setelah adanya kalender Masehi ini barulah orang-orang tahu selama ini mereka merayakan Tahun baru pada tanggal 1 April.
April Fool's sendiri berasal dari bahasa Prancis poisson d’avril (April fool, berasal dari "April fish").
Orang-orang Prancis merayakan "tahun baru" nya dengan cara mengirimkan hadiah-hadiah konyol atau pun undangan-undangan untuk menghadiri pesta yang sebenarnya gak ada (undangan palsu). Jadi intinya orang Prancis merayakan tahun baru dengan cara ngerjain orang-orang dekat, saudara dan sanak familynya :D .

Untuk saat ini berbagai literatur di dunia Barat menganggap kebiasaan orang Prancis ini sebagai asal usul April Fool's, jadi sama sekali gak ada hubungan dengan cerita tentang pemusnahan Kaum Muslim di Spanyol.

3. Pada artikel Pemusnahan kaum muslim Spanyol itu juga disebutkan, salah satu taktik yang digunakan tentara Salib adalah dengan memasukkan rokok dan alkohol ke daerah Muslim.

Rokok sendiri baru dikenal oleh bangsa Spanyol setelah kembalinya Colombus dari Benua Baru (Amerika) dan pada saat itu Kerjaan Islam Spanyol sudah runtuh.
Sejarah rokok dimulai saat warga asli benua Amerika (Maya, Aztec dan Indian) mengisap tembakau pipa atau mengunyah tembakau sejak 1000 sebelum masehi. Tradisi membakar tembakau kemudian dimulai untuk menunjukkan persahabatan dan persaudaraan saat beberapa suku yang berbeda berkumpul, serta sebagai ritual pengobatan. Jadi bangsa Spanyol mendapatkan kebiasaan merokok ini dari orang Indian dan itu terjadi setalah keruntuhan Kerajaan Muslim Spanyol.

Kesimpulan nya :

1. Tulisan tentang Asal Mula April's Fool/Mop yang merupakan peringatan umat agama Kristian terhadap pembantaian muslim Spanyol tidak bisa dipertanggung jawabkan (karena tidak terdapat satu literatur sejarah pun ttg peristiwa ini). Saya sendiri baru tahu hoax ini sudah beredar di internet sejak tahun 2007 dalam edisi bahasa Inggris.

2. Waspadalah akan berita-berita bohong yang anda dapat dari internet. Berita bohong ini lazimnya disebut HOAX. Biasanya dikirimkan via e-mail/ sms. Tujuan dari Hoax ini sendiri untuk ngerjain orang yang bacanya :D.

Semoga bermanfaat

Wallahualam bissawab , hanya Allah yang Maha tahu Segalanya.
Thanks to : Adi Sunardy

Website Referensi :


http://tausyiah275.blogsome.com/2007/04/05/hoax-dan-april-mop-yang-terkait-islam/

http://islamtomorrow.com/lies/fools.asp

http://islamtomorrow.com/lies/April_lies.asp

http://en.wikipedia.org/wiki/Cigarrette

http://en.wikipedia.org/wiki/April_Fools'_Day

http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus

1 Response to * Kebohongan Seputar April's Fool / April's Mop *

  1. :O :O :O