Download App HP

Flagcounter

free counters

Doa Bersama Mengenang 7 Tahun Tsunami

Posted by .:: Channel-Chatter@allnetwork.org :: 26 Desember 2011
Hari ini tanggal 26 Desember Tujuh tahun lalu, Aceh di dera bencana Maha dasyat, gempa bumi yang disusul dengan gelombang Tsunami. Bencana yang menelan ratusan ribu jiwa tersebut hari ini kembali di peringati di beberapa tempat di Provinsi Aceh.

Aceh Utara : Mengenang 7 Tahun Tsunami, Digelar Doa dan Tausiah
Mengenang tujuh tahun bencana alam gempa dan tsunami Seni (26/12) besok, pemerintah Aceh Utara  menyiapkan tempat pelaksanaan di  Desa Ulee Rubek Kecamatan Seunuddon , sekitar  74 Km sebelah timur dari kota Lhokseumawe.
Sementara di Lhokseumawe, mengenang kembali bencana tsunami dipusatkan di Masjid Islamic centre yang diprakarsai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan aktivitas sehari penuh.
Pemeerintah Kabupat en Aceh Utara, mengambil lokasi  di Ule Rubek  disebabkan daerah tersebut sangat terparah dan banyak korban tatkala terjadi bencana alam gempa dan tsunami.
Selain beberapa desa di pantai timur Aceh utara, juga desa Kuala Keureutoe, Tanah Pasir, Lapang, Bayu dan Blang Nibong Kec Samudera, namun tahun ini digelar lokasi mengenang 7 tahun bencana alam itu di Ulee Rubek.
Bahkan Jumlah Korban Tsunami Seunuddon mencapai 708 orang  dari 10 desa, yang mengakibatkan 174 anak jadi yatim. Desa terparah adalah masing masing Desa Teupin Kuyuen 51 orang tewas, Desa Bantaian 15 tewas, Ulee Rubek Timur 61 tewas, Ulee rubek Barat 65 tewas. Selain itu di desa Lhok Puuek 268 tewas, Meunasah Sagoe 111 tewas, Matang Puntong  105 tewas, Matang Panyang 11 tewas, Matang Lada 1 tewas, Ulee Matang 1 tewas.

Aceh Barat : Dzikir 7 Tahun Tsunami

Ratusan warga dari kelompok zikir di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Minggu (25/12/2011) mengelar zikir akbar guna mengirim doa bagi saudara mereka yang meninggal syahid pada musibah gempa bumi dan gelombang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.
Zikir akbar dipadukan dengan ceramah agama dipusatkan di Masjid Besar Alhidayat, Desa Meureubo dan terlihat ratusan jemaah dzikir meneteskan air mata. Selain ratusan kaum ibu-ibu juga dihadiri juga Wakil Bupati Aceh Barat, Fuadri SSi MSi, peserta zikir laut dalam doa serta meneteskan air mata dengan mengenang kembali saudara-saudara mereka yang meninggal saat musibah dasyat melanda tujuh tahun lalu.

Banda Aceh dan Aceh Besar : Doa Bersama 7 Tahun Tsunami
Banda Aceh dan Aceh Besar menggelar doa bersama mengenang 7 Tahun Tsunami, Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Golf Lhoknga - Aceh Besar. Kegiatan doa bersama ini juga rencananya akan dilanjutkan dengan Khanduri Rakyat.

Selain tempat-tempat yang disebutkan diatas, kegiatan mengenang 7 tahun Tsunami juga diadakan di mesjid-mesjid yang terdapat di seluruh provinsi Aceh. Masyarakat Aceh setiap tahunnya memperingati bencana yang pernah membuat Aceh luluh lantak.

1 Response to Doa Bersama Mengenang 7 Tahun Tsunami

  1. Abu Hamizan Says:
  2. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari peritiwa besar tersebut sobat.
    Terima kasih atas sharenya