Download App HP

Flagcounter

free counters

Internet dalam kehidupan saya

Posted by .:: Channel-Chatter@allnetwork.org :: 08 November 2011
Tulisan kali ini agak berbeda dengan postingan sebelumnya karena pada postingan kali ini saya akan sedikit curhat (-_-"). Kali ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya sebelum dan sesudah mengenal internet. Ini kisah nyata lho, hehehehe.

Sebelum kenal dengan internet saya sempat berpikir jelek tentang dunia maya ini, saya menganggap internet hanya buang-buang waktu, tidak akan membuat kita Xlangkah Lebih Maju, saya menganggap warnet (dulu tempat akses internet di kota saya hanya ada warnet, belum seperti sekarang ini) sama aja seperti game station hanya tempat buang-buang waktu dan buang duit, saya sering di ajak teman ke warnet tapi ga pernah mau ikut, tapi teman-teman saya getol ngajaknya (sekarang saya berterima kasih pada teman-teman saya) akhirnya saya nyerah juga dan mulai ikut ke warnet.

Untuk membuat saya tidak suntuk (karena ga tau ngapain di warnet), teman-teman memperkenalkan sebuah aplikasi chatting online ke saya, dengan aplikasi ini saya bisa chatting dengan orang-orang yang tidak saya kenal, dengan memakai nama samaran yang di sebut Nick. Anda tentu tau aplikasi apa itu, pada saat saya mulai kenal internet aplikasi ini lagi booming dan sampai sekarang ini aplikasi ga ada matinya, Aplikasi ini bernama mIRC :D. Kita tidak akan mengulas mIRC disini karena ini curhat saya bukan postingan promosi mIRC. Singkat cerita saya mulai tertarik dengan aplikasi ini, saya juga sudah 'ketemu" beberapa teman yang cocok di mIRC walau saya tidak tau bagaimana wajah mereka bahkan ga tau nama asli mereka, tetapi kami sudah akrab di chatting. Teman-teman chatting saya ini memberitahu bahwa ada situs dimana kita bisa mencari teman dan saling melihat photo teman kita, saling berkomentar, bisa nulis blog dan kalau beruntung bisa dapat pacar, hahahahahahaha,  saya jelas tertarik, mereka mengajari saya bagaimana mendaftar disitus tersebut, mau tau nama webnya? apa? FB? bukan-bukan FB, situs ini ada sebelum FB dan sekarang sudah wassalam :-( FB adalah penyebab wassalamnya ini situs, ya... Anda benar namanya ada Friendster aka FS. Mulai dari situ saya mulai tertarik dengan internet, saya tidak perlu di paksa lagi ke warnet asal ada waktu dan uang saya pasti ke warnet, saya mulai menganggap internet memberi manfaat positif pada saya, setidaknya saya mempunyai teman dari luar daerah dari teman di mIRC lalu teman di FS jelas internet sudah membuat saya Xlangkah Lebih Maju.

Setelah kenal FS saya mulai menjelahi situs internet mencari informasi tentang hal-hal yang asik, saling bertukar informasi dengan teman chatting, mulai coba-coba nulis blog (pertama nulis blog di FS) isinya kadang ga di publish (karena malu, hahahahahahahaha). Saya juga mulai aktif di Instant Messenger (seperti YM. AIM, Windows Live dkk). Saya mempunyai banyak teman di dunia maya baik yang berasal satu daerah atau luar daerah tetapi belum pernah bertemu secara fisik, bukan tidak ada keinginan tapi memang sudah di wujudkan, maklum orang lebih nyaman berkomunikasi di depan monitor daripada secara langsung (termasuk saya) :D. Sekitar tahun 2003 (ini sepengetahuan saya, jadi belum tentu tepat) dunia chatting mulai merambah pengguna ponsel (Java dan Symbian) orang-orang yang mau chatting mIRC dan YM bisa menggunakan HP tapi mahalnya tarif GPRS yang diterapkan para provider membuat tidak banyak perubahan di dunia perchattingan pada dasarnya tetap lebih banyak yang ke warnet daripada memakai ponsel. Pada tahun 2004 Daerah kami diterapkan Operasi Militer, dimana para pelanggan warnet diwajibkan meninggalkan identitas di meja OP (setidaknya mengisi nama sesuai dengan di KTP) para pemakai ponsel di beberapa daerah harus mendapat surat izin dari otoritas militer setempat (Koramil atau Kodim) jelas ini mempunyai pengaruh besar bagi kami.

Orang seluruh dunia juga tau apa yang terjadi pada Desember 2004, Tsunami menerjang kota kami, banyak korban jiwa dan harta, tentu saja fasilitas komunikasi juga ikut hancur termasuk fasilitas internetnya, tapi disini kita tidak membahas itu. Tsunami telah membuat kota tempat saya hancur namun ada Berkah dibalik Musibah yaitu ditandatanganinya perjanjian damai antara Pemerintah RI dan GAM beberapa bulan setelah Tsunami. Musibah bukan hanya untuk ditangisi tapi kita perlu bangkit, setelah satu tahun Tsunami kota kami mulai berbenah, bukan hanya pembangunan fisik tapi juga insfrastruktur seperti jaringan internet yang dapat diakses secara gratis di beberapa titik dengan fasilitas WIFI. Selain itu adanya provider yang mulai menyediakan koneksi internet secara unlimited dengan menggunakan ponsel sebagai modem walau masih terhitung mahal karena sistem Time Based tapi saya sudah bisa mengakses internet di rumah dengan modal PC dan Ponsel, tentu saja saya makin sering online dan makin dikenal oleh teman² dunia maya walau sebatas kenal nick yang jelas internet membuat saya Xlangkah Lebih Maju lagi :D.

Pada tahun 2007 kami melakukan terobosan, dimana selama ini kami hanya kenal dan berbagi cerita secara online mulai berencana untuk mengadakan event kopi darat. Pertama kami kopi darat ke salah satu pantai di Aceh Besar yang ikut hanya 6 (enam orang) -_-" tetapi sudah lumayan, setelah acara ke pantai dengan enam orang yang belum pernah ketemu terbilang sukses maka saya anggap Xlangkah Lebih Maju dari sebelumnya. Setelah itu kami melakukan kopdar di warkop dengan tajuk "Ngopi Bareng" secara rutin seminggu sekali dimana yang hadir makin banyak, dulu kami ber pindah² warkop atau cafe biar ada suasana baru tetapi sekarang sudah tidak ber-pindah² lagi dan sekarang ngopinya setiap hari -_-". 

Sekarang kami membentuk satu komunitas yang beranggotakan manusia² gila chatting dan rata² mereka online dari ponsel (baik ponsel pintar atau ponsel kurang pintar seperti punya saya). Tarif layanan data yang makin murah dan bersaing antar provider membuat kami tidak takut kehabisan pulsa walau online 24 jam. Paket unlimited juga makin banyak ditawarkan membuat saya dan kawan-kawan bisa memilih sesuai hati nurani (udah kayak pemilu :D). Komunitas kami memang belum bisa memberi konstribusi yang besar, tiap event yang kami adakan hanya dari kami oleh kami untuk kami seperti Buka Puasa Bareng, atau mengadakan acara kumpul² sesama anggota, tapi kedepannya semoga bisa memberi konstribusi yang nyata bagi orang lain, semoga. Internet bukan saja membuat saya Xlangkah Lebih Maju, tapi juga telah membuat saya bisa berbagi cerita, informasi dan lainnya dengan teman² di luar daerah serta bisa bertemu dengan kawan² satu daerah dengan latar belakang yang berbeda yang mungkin tidak akan pernah bertemu kalau saya tidak kenal dengan internet.

Demikian cerita saya dari pertama kenal internet sampai sekarang, semoga tidak membuat anda pusing dan mual membacanya, Internet telah membuat saya Xlangkah Lebih Maju karena kenal dengan berbagai orang dari komunitas online di daerah lain, baik berupa forum, game online ataupun komunitas lainnya yang bersifat kedaerahan yang sangat banyak kalau disebutkan satu persatu. 

3 Responses to Internet dalam kehidupan saya

  1. Memang Internet telah mengubah dunia... Internet ibaratnya pisau bermata dunia..bagaimana kita menggunakannya. Salut deh..saya akan banyak belajar dari blog ini.

     
  2. koreksi buat tulisan di atas.."bermata dunia" maksudnya bermata dua..antara jari dan pikiran ga sinkron..hehe..maaf bro..

     
  3. Anonim Says:
  4. Heheh..nice info kawand :)