Download App HP

Flagcounter

free counters

Tips Mempercepat Proses Defrag di Komputer

Posted by Anonim 29 Juni 2009


Mungkin sebagian kawan-kawan udah pada tau kalau misalnya komputer terasa semakin lama semakin lambat, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah men-defrag komputer tersebut. Buat yang masih awam dengan komputer pastinya malah nanya "Defrag itu apa sih ?".

Secara gampangnya aja nih ya ... pernah lihat jagung kan ? Pastinya pernah ya (kalau gak pernah berarti kamu mgkn termasuk sejenis alien yang di planetnya gak ada jagung he..he). Nah hardisk itu bisa diibaratkan seperti tongkol jagung sedangkan file-file yang ada di dalamnya diibaratkan butir-butir jagung yang tersusun rapi di tongkol nya.

Seiring dengan lamanya pemakaian, terjadilah proses-proses penghapusan file, un-install, new install dan lain sebagainya yang mengakibatkan susunan file di dalam hardisk menjadi tidak rapi lagi. Ketidakrapian ini menjadikan proses loading sebuah file berjalan lebih lama dibandingkan ketika komputer tersebutdiganakan pertama kali, yang terinstall masih software-software standar seperti Office. (fresh install).

Nah proses merapikan kembali susunan file didalam hardisk lazimnya disebut defrag.

Biasanya kita melakukan defrag ini langsung dari dalam Windows. Yaitu melalui dengan melakukan langkah-langkah berikut : klik tombol Start >>> All Programs >>> Accessories >> System Tools >>> Disk Defragmenter.

Lazimnya proses ini akan memakan waktu yang cukup lama , bisa sampai 2 atau 3 jam bahkan lebih untuk hardisk dengan kapasitas 40 gb atau lebih. Untuk soal kecepatan komputer tentunya berhubungan langsaung dengan kecepatan prosesor, besarnya Memory (RAM),kecepatan hardisk dan macam-macam lagi.

Jadi gimana caranya supaya proses defrag menjadi "sedikit" lebih cepat? Jawabnya yaitu dengan sedikit meng-Oprek (otak atik) registry.

Warning : mengutak atik registry sembarangan bisa mengakibatkan kanker,serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin pada komputer kamu ! Jadi sebelum mengoprek sebaiknya registrynya dibackup dulu atau tanyain deh ama yang ngerti komputer.

Berikut adalah prosedur yg bisa kamu lakukan di registry komputer kamu.

* Jalankan Registry Editor (Regedit.exe).
* Arahkan ke:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce

* Klik-kanan RunOnce subkey dan pilih New | String Value.
* Beri nama value barunya -> Defrag dan tekan [Enter] dua kali.
* Ketik Defrag.exe c: /f pada text box Value Data dan klik OK.
* Tutup Registry Editor dan restart Windows.

Setelah komputer direstart, sesaat setelah proses log-on komputer akan otomatis melakukan proses defrag. Proses ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan proses normal (dari dalam Windows).

Selamat mencoba !

0 Responses to Tips Mempercepat Proses Defrag di Komputer