Download App HP

Flagcounter

free counters

Software Irc

Posted by .:: Channel-Chatter@allnetwork.org :: 12 Juni 2008
Kembali saya posting hasil copy paste, mau bagaimana lagi, posting yang beginian mang harus ada tinjauan pustakanya, hehehehehe. Berikut adalah sejarah software server irc.

Software IRC yang pertama adalah IRCD . Ini adalah software original dari IRC yang dibuat oleh Jarkko. Software ini dapat di Download di ftp://ftp.irc.org/irc/server/. Pengguna software IRCD adalah kelompok IRCnet .

IRCD dikembangkan oleh jaringan Efnet yang versi nya lebih teratur di beri nama IRCD-Hybird. Software ini digunakan oleh Efnet Team, dan ini salah satu software server IRC yang stabil. Karena ke stabilannya Efnet kemudian menjadi jaringan IRC terbesar di seluruh dunia. Software nya dapat di download di ftp://ftp.blackened.com/pub/irc/hybrid/. Di Indonesia IRC yang menggunakan IRC-Hybird adalah A-net yang di buat oleh Telkom.

Setelah itu di muncul software IRCD lainnya, yaitu IRCu ( IRC Undernet ) yang dibuat oleh komite Undernet . Undernet adalah sebuah organisasi internet di dunia yang terdiri programmer-programmer handal dari seluruh dunia. Undernet pun adalah salah satu jaringan IRC yang terbesar di dunia. Software nya dapat di download di http://ftp1.sourceforge.net/undernet-ircu/.

Perkembangan software server IRC yang lainnya adalah versi bahamut . Bahamut adalah perkembangan dari software IRCD-hybird dan Dreamforge. Bahamut dikembangkan oleh sebuah anak perusahaan AOL yaitu Dalnet. Jaringan IRC Dalnet termasuk besar dan terkenal di seluruh dunia. Dengan versi bahamut , server IRC Dalnet menyediakan feature-feature yang berbeda di versi server lainnya, seperti :

- DCCALLOW , feature ini digunakan untuk melakukan transfer file yang berjenis "exe", "com", "bat", "dll", "ini", "vbs", "pif", "mrc", "scr", "doc", "xls", "lnk", "shs", "js" dan "pl".

- Dapat melakukan penolakan client berbasiskan IP, sehingga client yang memiliki IP-IP terlarang di tolak oleh server. Ini dilakukan untuk menghindari IP-IP hacker atau siapa saja yang melakukan perbuatan terlarang di server IRC, seperti menyebarkan file-file bervirus atau merusak suasana berchating.

Software nya dapat di download di http://bahamut.dal.net/download/. Di Indonesia software IRC versi bahamut juga digunakan. Pada tahun 1997 ISP Indonet membuat sebuah jaringan IRC yang menggunakan software versi ini. Software ini yang akan dibahas lebih lanjut di bab selanjutnya.

Sebenarnya masih banyak versi-versi sofware server IRC yang lainya. Dengan unix sebagai platform nya, IRC sebagai software yang dikenal open source akan terus berkembang dan ditemukan versi-versi yang baru.

Untuk kita yang tidak mempunyai ato tidak berniat membangun server irc posting ini memang ga bermanfaat tapi ga pa² la, sekedar tau

0 Responses to Software Irc