Download App HP

Flagcounter

free counters

Linux di Windows

Posted by .:: Channel-Chatter@allnetwork.org :: 24 Juni 2008
Kayaknya linux semakin berkibar aja sekarang, di mana² orang ngomongin linux, di kaos juga dah banyak gambar piguin. Nah mungkin sekarang para chatters juga ada yang dah tertarik mau nyobain linux tapi agak ragu untuk merombak OS PC ato laptopnya ato cuma "pingin nyoba" aja ga bermaksud memilih linux sebagai satu²nya OS, sebenarnya sih bisa aja satu PC di instal 2 ato lebih OS tapi pada kenyataannya menggandeng windows dan linux bukan tanpa masalah. Untuk meng instal linux pada PC yang sudah terpasang windows membutuhkan beberapa tindakan diantaranya membagi partisi, menset bootloader/Grub dan berbagai setting lain. Karena installnya saja susah, uninstallnya lebih repot lagi. Bakal menjadi masalah besar kalau linux yang terinstall sudah terhapus, tapi bootloadernya masih tersimpan di salah satu partisi komputer.
Nah bukan cara gampangkan? tapi sekarang anda dapat mencicipi linux tanpa ada masalah, lha bagaimana caranya? ada orang pinter dan kreatif mencipta sebuah software yang diberi nama wubi apa kepanjangan dri wubi?? saya juga kurang tau, mungkin Windows Ubuntu Installers (ini mungkin lho) dari pada membahas kepanjangan dari wubi, mending langsung aja kita bahas langkah²nya...
Yang anda butuhkan :
1. wubi software, dapat di download di sini
2. Iso Ubuntu, dapat di download di sini

Yang perlu anda lakukan setelah mendapatkan keduanya :
  • satukan kedua file tersebut ke dalam 1 direktori atau folder
  • Jalankan wubi.exe, maka proses installasi akan berjalan.
  • Masukkan username dan passoword untuk linux ubuntu anda.
  • Pilih jenis GUI yang ingin anda gunakan, kemudian klik install.
  • Proses instalasi akan berjalan. Tunggu saja atau bisa anda tinggal makan atau tidur. Just it all!
Nah, bagaimana kalo sudah tidak ingin menggunakan ubuntu?? bagaimana cara uninstallnya? tenang tenang, seperti saya bilang tadi, tidak pake repot, ubuntu tadi tidak di baca sebagai OS tapi sebagai sofftware oleh windows, jadi tinggal masuk control panel---add remove program--cari wubi.exe, gampang kan???

Selamat mencicipi linux


0 Responses to Linux di Windows